I.
PENDAHULUAN
1.1.
Analisis
Situasi
Bali di
kancah Internasional terkenal dengan kerajinan tangan yang memukau. Kesenian
tersebut biasanya di jual di tempat menjadi tujuan para wisatawan. Pada saat
pemilihan kota yang menjadi ibukota provinsi Bali, Singaraja dipertimbangkan
sebagai ibukota provinsi Bali karena pariwisata, kehidupan yang cukup. Tetapi
karena jauh dari kabupaten yang lain maka singaraja tidaklah terpilih. Saat ini Singaraja terkenal dengan julukan “Kota Pendidikan”,
para pelajar berbondong-bondong
mengenyam pendidikan di kota ini. Banyaknya pelajar di kota ini maka
kebutuhanpun semakin kompleks. Banyak usaha
kecil dan menengah yang dibuka mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan sekuder
sampai tersier. Melihat kondisi ini tercipta ide kewirausahaan yang
perlu digali yang usahanya belum banyak dilirik oleh kompetitor lain. Salah
satu usaha yang belum dilirik adalah karya seni
lukis. Usaha karya seni lukis ini hanya mampu dikembangkan oleh orang yang
memang mempunyai skill dalam dunia tersebut.
Lukisan merupakan karya yang
memiliki kesan tersendiri untuk sang penikmat seni itu sendiri. Banyak orang
yang mau menguras kantongnya hanya untuk membeli satu lukisan yang menurutnya
sangat mengandung nilai seni. Setiap lukisan yang ada dan terpajang di setiap rumah
seseorang pastinya memiliki kesan tersendiri dimata pemiliknya. Bagi sebagian orang memberikan sesuatu kepada
orang terkasihnya merupakan hal yang istimewa. Agar dia merasa diistimewakan
pastinya orang tersebut akan memberikan sesuatu yang sangatlah berharga, beda
dari pada yang lainnya dan selalu dikenang. Penikmat seni lukis bisa dari
berbagai kalangan tidak hanya masyarakat menengah atas tetapi juga masyarakat
menengah bawah termasuk didalamnya mahasiswa. Walaupun harga lukisan pada
umumnya mencapai harga yang cukup mahal tetapi para mahasiswa sangat tertarik
dengan lukisan tetapi mereka kebanyakan mengurungkan minatnya untuk membeli
lukisan karena terbentur dana.
Berdasarkan situasi diatas, kami
mengajukan jenis usaha yang dapat menangani masalah di atas adalah “Ganesha Smiling Face Painting” dengan
menjual lukisan wajah made to order yang
dalam perjalanannya akan melayani pemesanan sesuai dengan pesanan dengan harga
yang terjangkau oleh semua kalangan. Jika melihat pesaing dilapangan belum ada
kompetitor yang melirik usaha setipe dengan usaha yang kami ajukan.
1.2.Profil Usaha
Adapun
usaha yang kami usulkan yang berupa firma yaitu “Ganesha Smiling Face Painting” dimana dalam perjalanannya usaha ini melayani
pemesanan untuk melukis satu atau lebih wajah dalam satu lukisan sesuai dengan
minat pemesan mengingat usaha di dalam seni lukis sekarang ini sangat popular
dengan berbagai aliran wajah yang sesuai dengan minat penikmatnya seperti pop art, surealis, hitam putih,
berwarna, karikatur, anime dll. Kami akan menyediakan catalog sebagai gambaran
pemesan lukisan wajah yang seperti apa yang mereka inginkan. Usaha ini berbeda
dari tempat menjual lukisan yang lainnya dimana pada umumnya seseorang menjual
lukisan pemandangan, walaupun ada yang menerima lukisan wajah itu hanyalah berupa
sketsa hitam putih.
Lukisan wajah ini dapat dijadikan
sebagai penghias ruang keluarga atau kamar tidur, memberikan kejutan kepada
seseorang, memberikan hadiah ke pasangan atau
orang yang dicintai, memberi kado ulang tahun, kado pernikahan dan lain-lainya
yang sudah tentu beda dari yang lain. Kami
akan membuka usaha ini di kota Singaraja dan berdasarkan survey di lapangan
belum ada usaha seperti ini karena memerlukan keahlian khusus maka usaha ini
sangat memerlukan ketekunan. Disamping itu juga kota Singaraja merupakan kota
pendidikan dimana banyak orang khususnya anak muda yang memilih untuk mengenyam
pendidikan di kota ini maka peluangnya sangatlah besar. Usaha ini sangatlah
unik karena kami mematok harga yang paling murah dengan bingkai tanpa motif dan
harga yang sedang untuk bingkai yang bermotif sehingga terjangkau oleh semua
kalangan. Para pemesan dapat memberikan
foto mereka dan menaruh imajinasi pelanggan itu sendiri, karena mungkin ada
pelanggan yang menginginkan dibawah tulisan berisi nama mereka atau nama mereka
dengan nama yang akan diberikan, dan yang lainnya. Adapun keunggulan dari usaha
ini adalah kami melayani delivery,
jadi apabila pemesan menginginkan lukisannya langsung di antar ke tempat tujuan
maka kami siap mengantarkan serta pengetahuan yang cukup di dalam usaha ini
merupakan keunggulan kami yang lain sehingga kami merasa sanggup untuk
mengelola usaha ini.
II.
ASPEK
BISNIS
2.1 Aspek Hukum
a.
Legalitas
Usaha
Usaha ini adalah firma karena yang akan
mengatur arus kas kluar masuk dari usaha ini adalah semua anggota. Karena usaha
ini masih dalam tahap awal, kami belum menyiapkan unsur-unsur dari aspek
legalitas radi usaha ini.
b.
Perizinan
Usaha “Ganesha Smiling Face
Painting” merupakan usaha yang melayani pembuatan lukisan
wajah. Pada awal usaha
seiring dengan perkembangannya akan diurus perijinan sesuai dengan
undang-undang yang berlaku.
Beberapa
surat perizinan :
a.
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
b. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
c. SITU (Surat Izin tempat Usaha) dari Pemda bagi yang
dipersyaratkan atas dasar Undang-Undang Gangguan (HO)
2.2
Aspek Teknis
Hal-hal terkait dengan
aspek teknis dalam usaha ini adalah sebagai berikut.
a. Lokasi
Usaha
Usaha yang kami rintis
mengambil lokasi ialah Jalan Sudirman No 38, Singaraja di depan Bale Desa Adat
Banyuasri. Lokasi ini kami pilih karena sangat strategis yang terletak di pusat
kota, dekat dengan beberapa Universitas, kantor-kantor dinas, dan beberapa
sekolah.
b. Barang
/ Peralatan
Ada pun barang /
peralatan yang digunakan dalam usaha ini adalah Cat akrilik, kuas, kanvas,
bingkai, steples, brosur, spanduk. Dalam penerapannya lukisan ini secara teknis
akan diproduksi sesuai dengan pemesanan dan diberikan waktu maksimal 1 minggu
dari batas pemesanan
c. Proses
Produksi Barang/Jasa
-
Pembelian bingkai
Usaha
ini bekerja sama dengan salah satu tukang ukir, ini dimaksudkan agar kami tidak
lagi mengukir apabila pembeli menginginkan bingkai yang bermotif
-
Pembuatan Lukisan
Dalam pembuatan lukisan adapun tahapan-tahapannya yaitu
a.
. Menyiapkan kanvas, cat,
kuas, dan alat-alat lukis lainnya
b.
Membuat sket pada kanvas
c.
Mulai melukis Lukisan yang
diinginkan pemesan
d.
Finishing dengan memberikan
sentuhan-sentuhan yang diperlukan sehingga lukisan menjadi menarik
d. Kapasitas
Usaha ini pada awal usaha kami
merencanakan menyediakan 60 bahan yang siap untuk dibuat lukisan. Apabila
kekurangan alat dan bahan kami telah menyediakan anggaran untuk membeli
alat-alat yang diperlukan.
e. Strategi
Usaha
Beberapa strategi usaha
akan dilakukan untuk mengembangkan usaha ini adalah
1. Bekerja
sama dengan pembuat bingkai yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
2. Lukisan
yang ditawarkan sesuai dengan minat pemesan; pemesan bisa memberikan fotonya.
3. Melakukan
promosi kepada teman-teman mahasiswa dengan harapan mereka akan melanjutkan
informasi tersebut ke teman-teman mereka yang lain.
4. Pada
awal bulan kita tidak mengambil banyak keuntungan; ini merupakan cara kami agar
terjangkau oleh semua kalangan, apabila pemesan puas dengan hasil usaha kami
maka dia akan member tahu kepada kerabat dan teman-temannya sehingga usaha kami
banyak yang meminati.
5. Promosi
dari mulut ke mulut antar mahasiswa bahwa kita telah membuka suatu usaha; dengan
cara ini maka suaha ini cepat menyebar dan pemesanannyapun meningkat.
6. Melakukan
Promosi dengan membuat brosur, promosi melalui internet (Blog, Facebook, Google
Adsanse dll)
7. Dan
hal yang paling istimewal dari usaha kami ini adalah kami siat mengantar
pesanan ke tempat tujuan jadi pelanggan tidak susah untuk membawa lukiasan ini
ketempat tujuan.
f. Analisis Lingkungan
1.
Kekuatan (Strength)
·
Unik dan menarik
Produk yang ditawarkan oleh usaha
yang kami rintis bersifat menarik dan unik karena produknya dapat di pesan
sesuai dengan permintaan konsumen dan sangat menarik jika di gunakan sebagai
hadiah atau souvenir.
·
Lokasi Usaha yang Strategis
“Ganesha Smiling Face Painting – Lukisan Wajah Made
to Order” mengambil lokasi usaha di Jln. A. Yani 2, Singaraja.
Lokasi ini terletak dekat dengan salah satu kampus sehingga memperlancar
pemasaran sesuai dengan target utama usaha ini yaitu mahasiswa
·
Target Pemasaran
Pengurus dari
usaha ini merupakan mahasiswa yang memiliki kemampuan pemasaran yang dapat
diandalkan, khususnya kepada rekan-rekannya (mahasiswa) dan juga masyarakat
pada umumnya. Selain itu pemasaran lainnya juga dilakukan dengan mengandalkan
jejaring sosial baik berupa blog, facebook, dan yang lainnya.
·
Servis spesial yang diberikan kepada
konsumen
Servis merupakan hal yang penting
untuk diperhatikan guna menciptakan kepuasan dan merebut kepercayaan dari
konsumen. Untuk kepentingan tersebut, kami menyediakan beberapa servis sebagai
berikut.
ü Pelayanan
yang ramah.
ü Memberikan
kesempatan konsumen untuk memesan sendiri produk yang ingin dikerjakan.
ü Menyediakan
berbagai sampel bingkai (frame)
sebagai bahan pertimbangan dalam pemesanan.
ü Memberikan
diskon pada hari tertentu.
·
Strategi Pemasaran
Kekuatan usaha ini juga terletak
pada strategi pemasaran yang dilakukan yaitu dengan memberikan diskon pada
hari-hari tertentu dan menyebarkan info usaha melalui brosur dan spanduk. Dan
sebagai usaha yang bergelut di bidang souvenir khususnya lukis wajah, kami
harus bisa mengikuti apa saja yang di inginkan konsumen. Oleh karena itu,
pemasaran yang kami lakukan tidak hanya berupa promosi manual berupa brosur dan
spanduk. Kami juga melakukan promosi melalui blog dan jejaring sosial facebook.
·
Harga Barang yang Bersaing
Harga barang yang ditawarkan di “Ganesha Smiling Face
Painting – Lukisan Wajah Made to
Order” cukup bersaing dengan tempat lain. Namun patut diketahui di
daerah singaraja belum terdapat usaha-usaha yang mengerjakan lukis wajah yang
meenggunakan warna, melainkan hanya gambar hitam putih saja.
2.
Kelemahan (Weakness)
·
Sistem Manajemen
Sistem manajemen pada usaha ini
masih dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Hal ini memberikan peluang
adanya permasalahan di kemudian hari terkait dengan bentuk usaha, izin usaha,
perpajakan, hak waris, dan lain-lain.
·
Usaha rintisan yang belum pernah ada
Usaha ini tergolong usaha rintisan
yang belum pernah ada di Singaraja karena lebih menonjolkan Undiksha sebagai
ikon atau maskot sehingga masih terdapat ketidakpastian berkaitan dengan respon
mahasiswa dan masyarakat yang menjadi target pasar.
·
Barang yang sudah dipesan tidak boleh
dikembalikan kembali
Perjanjian dengan pemesan kami lakukan
dengan menandatangani surat perjanjian yaitu lukisan yang sudah dipesan tidak
dapat dikembalikan kembali.
3. Peluang
(Opportunities)
·
Persaingan
Persaingan
usaha dagang dengan produk-produk sejenis dari toko-toko yang ada untuk wilayah
Kota Singaraja tergolong sangat rendah. Tercatat belum ada toko yang
benar-benar menyediakan souvenir berupa lukisan wajah yang dapat dipesan sesuai
keinginan, hanya sebatas lukisan tokoh-tokoh terkenal dan itupun mungkin hanya
berupa gambar hitam putih. Persaingan yang masih sangat rendah membuat usaha
ini sangat prospektif.
·
Prospek di Masa Depan
Kami yakin, usaha ini akan memiliki
prospek yang bagus kedepannya. Karena kebutuhan pasar tidak akan menyusut
setiap tahunnya, karena Undiksha merupakan salah satu perguruan tinggi yang
cukup favorit di Bali. Hal ini akan menambah daya beli konsumen terhadap
produk-produk yang kami tawarkan.
·
Peluang Pasar
Akses dan informasi pasar dalam
usaha ini cukup mudah diperoleh mengingat pengelola usaha masih berstatus
sebagai mahasiswa. Dengan komunikasi nonformal antara pengelola dengan
teman-teman mahasiswa, pengelola akan memperoleh akses untuk melakukan kegiatan
promosi. Selain itu, pengelola juga akan dengan cepat mengetahui produk maupun
pelayanan apa yang dibutuhkan oleh pasar (yang dalam hal ini diutamakan untuk
mahasiswa).
4.
Hambatan (Threats)
·
Rendahnya daya beli mahasiswa
Sebagian besar mahasiswa sangat
teliti dalam menetukan besarnya pengeluaran selama berada di Singaraja. Hal
inilah yang membuat daya beli mahasiswa sangat rendah padahal target utama
pasar adalah mahasiswa.
·
Harga yang cukup mahal
Karya seni di buat oleh tangan (hand made) melalui proses pembuatan yang
cukup panjang dan rumit. Kesulitan dan kerumitan dalam proses pengerjaan
menentukan harga produk yang akan di jual.
2.3
Aspek
Pemasaran
1.
Jenis Produk yang Ditawarkan
Jenis
produk yang ditawarkan oleh usaha ini berupa produk jasa yaitu Lukis wajah yang
sesuai dengan minat pemesan. Jenis bingkai yang ditawarkanpun bervariasi sesuai
dengan minat pemasanan, milai tanpa variasi, variasi sederhana maupun variasi rumit.
2.
Kegunaan Produk yang Ditawarkan
Produk-produk
yang ditawarkan pada usaha ini berguna untuk benda hias, ada juga yang
digunakan untuk souvenir.
3.
Target Konsumen
Konsumen yang menjadi sasaran utama
dari usaha ini adalah Masyarakat Luas. Adapun pertimbangan yang kami lakukan
yaitu,
1) Remaja. Orang bilang masa muda adalah masa
memadu kasih paling berkesan. Apabila para remaja yang ingin memberikan barang
yang sangat berkesan bagi pasangannya khususnya para lelaki untuk sang pujaan
hatinya maka kami menerima pesanan berupa lukisan wajah dimana paras ayu sang
wanita digambar melalui usaha kami ini.
2)
Pasangan Pengantin. Kami memilih pasangan penganting karena untuk mendekorasi
tempat tidur mereka pastinya mereka mengisi foto saat mereka menikah. Maka
selain ada foto kami siap menerima pesanan apabila kedua pasangan itu memesan
lukisan wajah mereka saat mengenakan pakaian pengantin.
3)
Keluarga, jika ruang keluarga berisi lukisan wajah sekeluarga karena selain
enak dipandang mata juga melukiskan betapa harmonis kluarga tersebut. Dan lain
sebagainya.
4)
Masyarakat Luas, baik muda maupun tua biasanya memberi kado baik kado ulang
tahun atau kado pernikahan maka kami siap menerima pesanan.
4.
Wilayah Pemasaran
Wilayah
pemasaran dari usaha ini mencakup kota Singaraja dan apabila ada yang pemesanan
dari luar kota Singaraja. Karena apabila ada yang memesan lewat jejaring sosial
(internet) maka kami siap untuk menerima pemesanan tersebut.
5.
Peta Persaingan
Usaha
sejenis di Kota Singaraja masih dibilang langka bahkan hanya satu-satunya
apalagi usaha ini bisa dibilang unik. Melalui keunikan ide dan strategi usaha,
usaha ini sangat berpeluang dalam pasaran. Di kota Singaraja sendiri ada satu
toko yang menerima pesanan lukisan wajah tetapi dengan konsep yang berbeda.
Toko tersebut hanya menerima lukisan wajah/sketsa hitam putih, di usulan usaha
kami menerima pesanan yaitu berwarna jadi gambarnya lebih kelihatan nyata.
6.
Potensi Pemasaran
Dilihat
dari sisi potensi pemasaran, usaha “Ganesha Smiling Face Painting – Lukisan Wajah Made
to Order” ini memiliki potensi yang sangat besar. Potensi tersebut
didukung oleh beberapa hal sebagai berikut
·
Sangat unik sehingga banyak kalangan
yang menginginkan hasil karya ini untuk surprise kepada seseorang, kado
pernikahan, kado ulang tahun dan lain-lain.
·
Belum ada kompetitor di Singaraja yang
menekuni usaha ini karena memerlukan keahlian khusus maka usaha ini sangat
memerlukan ketekunan.
·
Para pemesan dapat memberikan foto
mereka dan menaruh imajinasi pelanggan itu sendiri, karena kemungkinan ada
pelanggan yang menginginkan dibawah tulisan berisi nama mereka atau nama mereka
dengan nama yang akan diberikan, dan yang lainnya.
7.
Rencana Jumlah dan Harga Produk
Usaha
ini kami rencanakan dalam 1 bulan kami memproduksi minimal 40 lukisan. Dalam
pemasarannya jika pemesan menginginkan untuk diantar ke tempat tujuan kami siap
untuk melayaninya. Harga produk yang kami tawarkan bervariasi mulai dari Rp 170.000,00
untuk bingkai tanpa motif sampai Rp 370.000,00 untuk bingkai yang bermotif
kualitas terbaik.
2.4
Aspek Manajemen
a. Bentuk
Usaha
Bentuk usaha yang direncanakan
adalah Firma karena yang akan mengatur arus kas kluar masuk dari usaha ini
adalah semua anggota.
b. Struktur
Organisasi
1)
Koordinator : Putu Devi Pradnya Sari
2)
Manajemen Pemasaran : I Gede Hendra
Putrawan
3)
Manajemen Produksi :Putu Aditya Diatmika
4)
Manajemen Keuangan: semua anggota
5)
Karyawan : semua anggota
Adapun
tanggung jawab setiap anggota adalah
1.
Koordinator bertugas untuk memimpin
usaha dan bertanggung jawab dalam kegiatan usaha.
2.
Manajemen Pemasaran bertanggung jawab
dalam pemasaran lukisan dan memperbanyak link.
3.
Manajemen Produksi bertanggung jawab
dalam pembuatan lukisan dan pengadaan alat
dan bahan penunjang produksi
4.
Manajemen Keuangan bertanggung jawab
mencatat segala kegiatan keuangan yang berkaitan dengan produksi yang terjual dalam setiap hasil
penjualan.
5.
Karyawan yang
akan melakukan kegiatan usaha ini sebagai tanggung jawab untuk dapat menjaga
dan memelihara usaha ini.
c.
Tenaga Kerja
Tenaga
kerja dari usaha ini adalah anggota dari “Ganesha Smiling Face Painting – Lukisan Wajah Made
to Order”. Jadwal diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi
kekosongan pada saat usaha beroperasi. Oleh karena itu, anggota diambil dari
jurusan dan angkatan yang berbeda agar jadwal kuliah berbeda pula sehingga
dapat mengisi kekosongan tersebut.
2.5 Aspek Ekonomi dan Keuangan
a.
Perkiraan Pendapatan per Bulan
SENSOR (Tidak boleh di Publikasikan) :D
b.
Perkiraan Biaya
SENSOR (Tidak boleh di Publikasikan) :D
c.
Kebutuhan Dana
Berikut ini merupakan kebutuhan
dana yang dibutuhkan dalam usaha ini
No.
|
Jenis
Biaya
|
Kuantitas
Kebutuhan
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Banyaknya
Biaya (Rp)
|
1.
|
Sewa Gedung
|
1
tahun
|
-
|
9.000.000,00
|
2.
|
Bingkai Berbagai
ukuran
(small, medium dan large)
|
30
buah
|
-
|
2.000.000,00
|
3.
|
Cat Akrilik Merah
|
10
tube
|
17.000,00
|
170.000,00
|
4.
|
Cat Akrilik Putih
|
20
tube
|
17.000,00
|
340.000,00
|
5.
|
Cat Akrilik Kuning
|
15
tube
|
17.000,00
|
170.000,00
|
6.
|
Cat Akrilik Hitam
|
15
tube
|
17.000,00
|
170.000,00
|
7.
|
Cat Akrilik Biru
|
15
tube
|
17.000,00
|
170.000,00
|
8.
|
Cat Akrilik Kuning
Ocre
|
15
tube
|
17.000,00
|
170.000,00
|
9.
|
Kuas
|
10
Set
|
75.000,00
|
750.000,00
|
10.
|
Cat Paragon
|
20
kg
|
15.000,00
|
300.000,00
|
11.
|
Kain Kanvas Kw 1
|
30
meter
|
30.000
|
900.000,00
|
12.
|
Lem Fox 800gr
|
10
buah
|
10.000
|
100.000,00
|
13.
|
Span 50 x 70 cm
|
30
buah
|
20.000,00
|
600.000,00
|
14.
|
Streples Tembak
|
2
buah
|
300.000,00
|
600.000,00
|
15.
|
Isi Streples Tembak
|
10
buah
|
17.000,00
|
170.000,00
|
16.
|
Spanduk
|
3
x1 meter
|
20.000,00
|
60.000,00
|
17.
|
Gaji Karyawan
(sesuai UMR Kab.
Buleleng th 2011 Rp895.000,00)
|
2
org
|
900.000,00
|
1.800.000,00
|
18.
|
Air Listrik
|
1
tahun
|
50.000,00
|
600.000,00
|
19.
|
Telepon
|
1
tahun
|
50.000,00
|
600.000,00
|
20.
|
Kemasan (pembungkus
kado)
|
200
meter
|
5.000,00
|
1.000.000,00
|
Total
Biaya
|
19.670.000,00
|
Jumlah di atas
belum pencadangan dana untuk kas kecil yang akan disediakan di toko. Cadangan
kas kecil yang kami anggarkan ialah sebesar Rp 330.000,00. Jadi total kebutuhan
dana yang kami perlukan adalah sebesar Rp20.000.000,00. Keuntungan
bersih yang kami dapatkan adalah Rp
20.160.000,00, maka 1 tahun kami sudah balik modal.
d.
Alternatif Sumber Dana
Selain dari bantuan yang akan
diberikan oleh DIPA Undiksha belum ada alternative sumber dana lain. Namun kami mencoba menyisihkan sebagian
keuntungan yang didapat untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang belum terpenuhi
dan mengembangkan usaha ini.
III.
PENUTUP
Usaha ini
sangatlah unik dan belum dipandang oleh kompetitor lain di kota Singaraja. Disisi
lain jika dilihat kedepan sangatlah menjanjikan karena memiliki keunggulan di
berbagai aspek. Kami juga beranggotakan mahasiswa yang sangat mampu mengelola
usaha karena kami beranggotakan mahasiswa yang mampu mencakup semua pasar.
Memiliki pengetahuan yang cukup di dalam usaha ini merupakan keunggulan kami
sehingga kami merasa sanggup untuk mengelola usaha ini.
Lampiran-lampiran
A.
Biodata
Pengusul
Ketua
Nama : Putu Devi Pradnya Sari
NIM : 0913021071
Fakultas/
Jurusan : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Fisika
Perguruan
Tinggi : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Anggota 1
Nama : I Putu Aditya Diatmika
NIM : 0912031006
Fakultas/
Jurusan : Bahasa dan Seni/ Pendidikan Seni Rupa
Perguruan
Tinggi : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Anggota 2
Nama : I Gede Hendra Putrawan
NIM : 0912031005
Fakultas/
Jurusan : Bahasa dan Seni/ Pendidikan Seni Rupa
Perguruan
Tinggi : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar